Situs ini memuat informasi mengenai Informasi MTs.Bustanul Ulum, Artikel teknologi, layanan konsultasi pendidikan dan lain-lain

Minggu, 05 Juni 2011

Modul PLPG Sertifikasi Guru

Modul PLPG Sertifikasi Guru
Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) bertujuan untuk meningkatkan
kompetensi, profesionalisme, dan menentukan kelulusan guru peserta
sertifikasi yang belum mencapai batas minimal skor kelulusan pada penilaian
portofolio.
Materi PLPG disusun dengan memperhatikan empat kompetensi guru, yaitu:
(1) pedagogik, (2) profesional, (3) kepribadian, dan (4) sosial. Standardisasi kompetensi dirinci dalam materi PLPG ditentukan oleh LPTK penyelenggara sertifikasi dengan mengacu pada rambu-rambu yang ditetapkan oleh Dirjen Dikti/Ketua Konsorsium Sertifikasi Guru dan hasil need assesment.
Penyelenggaraan PLPG diakhiri dengan ujian yang mencakup ujian tulis dan ujian kinerja. Ujian tulis bertujuan untuk mengungkap kompetensi profesional dan pedagogik, ujian kinerja untuk mengungkap kompetensi profesional, pedagogik, kepribadian, dan sosial. Keempat kompetensi ini juga bisa dinilai selama proses pelatihan berlangsung. Kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial juga dinilai melalui penilaian teman sejawat. Ujian kinerja dalam PLPG dilakukan dalam bentuk praktik pembelajaran bagi guru atau praktik bimbingan dan konseling bagi guru BK, atau mengajar & praktik supervisi bagi guru yang diangkat dalam jabatan pengawas. Ujian kinerja untuk setiap peserta minimal dilaksanakan selama 1 JP.
Peserta dinyatakan Lulus PLPG apabila SAK(Skor Akhir Kelulusan) ≥ 70,00 dengan SUT(Skor Ujian Tulis) tidak boleh kurang dari 60,00 dan SUP(Skor Uji Praktik Pembelajaran) tidak boleh kurang dari 70,00.
Untuk bekal persiapan, ada baiknya peserta PLPG memahami modul/materi PLPG. Berikut modul yang siap diunduh bila diperlukan:
1. Modul-PLPG_PKn
2. Modul-PLPG_TIK.
3. Modul-PLPG_Sejarah
4. Modul PLPG Penelitian Tindakan Kelas
5. Modul PLPG Paud
6. Modul PLPG PTKKTI
7. Modul PLPG Penjaskes
8. Modul PLPG Model Pembelajaran SD
9. Modul PLPG Ilmu Pengetahuan Sosial
10.Modul PLPG Model Pembelajaran Sains SMA
11.Modul PLPG Matematika
12.Modul PLPG Model Pembelajaran Bahasa
13.Modul PLPG Kimia
14.Modul PLPG Biologi
15.Modul PLPG Bahasa Inggris
16.Modul PLPG Bahasa Indonesia
17.Modul PLPG Ilmu Pengetahuan Alam
18.Modul PLPG Bimbingan Konseling

Tidak ada komentar:

Posting Komentar